Senin, 14 Januari 2013

Prasangka, Diskriminasi, Etnosentrisme

Perbedaan  Kepentingan
Manusia  sebagai  makhluk sosial  kehidupannya  selalu tidak  terlepas   dari    masyarakatnya. Sebagai individu, manusia mempunyai peran-peran yangkhas dalam lingkungannya serta kepribadian dan pola tingkah laku yangkhas pula.Dalam kaitan  di atas, maka manusia dalam kehidupannya di masyarakatakan berhadapan dengan kepentingan-kepentingan lain yang berkembangdalam kelompok tersebut. Kepentingan-kepentingan yang berkembang dalamkelompok tersebut tidak jarang akan saling berbenturan dan bertentangan.Misalnya, perbedaan kepentingan antara majikan dengan buruh dalam halupah kerja. Di satu sisi, majikan menginginkan upah kerja yang rendah, akantetapi di sisi lain, buruh menginginkan hal yang sebaliknya, di mana merekaingin dibayar dengan upah yang tinggi

Diskriminasi  
Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu,
di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan yang lain.
Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena karakteristik suku, antargolongan, kelamin, ras, agama dan kepercayaan, aliran politik, kondisi fisik atau karateristik lain yang diduga merupakan dasar dari tindakan diskriminasi
Diskriminasi langsung, terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya peluang yang sama.
Diskriminasi tidak langsung, terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.
ejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan

Etnosentrisme

Etnosentrisme yaitu suatu kecenderungan yang menganggap nilai-nilai dan norma-norma kebudayaannya sendiri sebagaai sesuatu yang prima, terbaik, mutlak dan diepergunakan sebagai tolok ukur untuk menilai dan membedakannya dengan kebudayaan lain. Etnosentrisme merupakan kecenderungan tak sadar untuk menginterpretasikan atau menilai kelompok lain dengan tolok ukur kebudayaannya sendiri. Sikap etnosentrisme dalam tingkah laku berkomunikasi nampak canggung, tidak luwes.




 Ketegangan Dalam Masyarakat Atau Konflik 
Konflik merupakan suatu tingkah laku yang dibedakan dengan

emosi-emosi tertentu. Karena konflik mengandung suatu pengertian

yang lebih luas dari apa yang biasa dibayangkan sebagai

pertentangan yagn kasar dan perang.

Ciri-Ciri Situasi Konflik:

-Terdapatnya dua unit yang terlibat

-Unit-unit trsebut mempunyai perbedaan-perbedaan yang tajam

dalam kebutuhan, Tujuan, dsb.

-Adanya interaksi

Macam-Macam Konflik:

-Konflik realistik

-Konflik tidak realistik

Cara-Cara Pemecahan Konflik:

-Elimination

-Domination

-Majority Rule

-Minirity Rule

-Compromise

-Integration 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar